-->

10.06.2013

Terbang dengan Flying Fox

Outbound … Yaa kegiatan satu ini sudah sering sekali kita dengar dan kita ketahui ya sob , kegiatan ini sering dilakukan instansi dan perusahaan besar guna meningkatkan kerjasama tim, kekeluargaan dan tentunya juga sebagai sarana refreshing karyawan , tetapi tidak sedikit juga sekolah yang menggunakan jasa outbound sebagai sarana meningkatkan semangat belajar para siswanya . Out bond di Desa Karangrejo sering sekali menjadi pilihan favorit untuk melakukan kegiatan outbound .Di Setiap melaksanakan kegiatan outbound , tidak asing lagi bagi peserta outbound dengan kegiatan flying fox .
Dan apakah sobat sukses semua ini sudah pernah merasakan ketegangan saat berada di ketinggian yang lumayan tinggi dan harus meluncur dengan hanya bantuan berpegangan tali saja ? waaa … sepertinya mendebarkan dan seru sekali yaa sob …  Outbond di Desa Karangrejo  menyediakan flying fox seperti ini . Tentunya tidak hanya flying fox saja yaa sob , kurang lengkap namanya flying fox tanpa adanya outbound … untuk melakukan flying fox pastinya ada peraturan – peraturan bermainnya ya sob supaya tidak terjatuh saat meluncur atau hal yang tidak diinginkan lainnya sob .Dalam setiap kegiatan outbound seperti  Flying Fox , Spider Web , dll  pastinya mempunyai fungsi , cara , dan manfaat sendiri – sendiri . Untuk saat ini kita akan bahas tentang :
  1. peralatan / perlengkapan flying fox
  2. cara bermain flying fox
  3. tujuan dari permainan flying fox
  4. hal apa saja yang harus diperhatikan
Flying Fox termasuk dalam kategori High Impact, selain peralatan yang memadai dan safety yang memadai diperlukan juga tenaga operator maupun instruktur yang mempunyai pengalaman cukup untuk memainkan games ini :
1.Peralatan / perlengkapan flying fox
- Wire (Cable Baja)     : Berfungsi sebagai jalur lintasan
- Carnmantrle(Ropes)  : Befungsi sebagai alat safety and belayer
- Figure Eight             : Alat safety and belayer
- Carabiner                  : Kunci pengaman dan conector sling dengan katrol
- Seat Harness             : Alat pengaman tubuh dari ikatan tali
- Helm
2.Cara bermain flying fox
Dan untuk cara bermainnya sangat sederhana. Setiap peserta Outbond hanya perlu meluncur dari ketinggian melalui tali/sling yang telah disediakan oleh Desa Ekowisata tersebut .
3.Tujuan dari permainan flying fox
Setiap game yang dilakukan dalam kegiatan outbound pastinya mempunyai tujuan masing – masing juga ya sob , dan kali ini tujuan permainan flying fox ini adalah :
- Melatih peserta untuk cepat mengambil keputusan
- Melatih keberanian
- Merubah pola pikir
- Memberi pengalaman baru pada peserta outbound
4.Hal apa saja yang harus diperhatikan
Setiap game pasti mempunyai resiko ya sob kalau kita tidak mengikuti saran dari instruktur yang berpengalaman dan apalagi kita mencoba sendiri dirumah tanpa pengawasan dan pengalaman . Hal yang harus diperhatikan saat bermain flying fox adalah :
- Masalah keamanan
- Masalah pengalaman intruktur outbound (Fasilitator harus yang berpengalaman )
- Mematuhi setiap aba – aba yang diberikan instruktur

1 komentar: